5 Tips untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Mens sana in corpore sano, pasti kamu sudah tak asing mendengarnya bukan? Artinya, di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat. Memiliki tubuh yang sehat dan jiwa kuat adalah harapan dari banyak orang.Untuk mendapatkannya, hal yang paling utama adalah bagaimana menjaga kebugaran jasmani.

Dengan fisik yang bugar dan tubuh yang sehat, kamu dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal. Selain itu, kebugaran jasmani juga dapat menghindarkan kamu dari gejala stress dan depresi lho. Nah, untuk menjaga kebugaran jasmani dilakukan dengan apa ya? Mari simak penjelasan di bawah ini.

1. Rutin olahraga

Menjaga kebugaran jasmani sangat identik dengan rutin melakukan olahraga. World Health Organization (WHO) menyarankan setiap orang berusia 18-65 tahun agar rutin melakukan olahraga, minimal 150 menit per minggu.

Buat kamu yang baru mau memulai, jangan khawatir. Kamu bisa melakukannya perlahan, dimulai dengan olahraga 2 kali sehari selama 15 menit atau 3 kali sehari selama 10 menit. Pastikan untuk konsisten melakukannya paling sedikit 3-5 hari per minggu ya. 

Agar lebih efektif, kamu bisa memulai dengan intensitas rendah hingga sedang. Alternatif jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan antara lain: jogging, gowes alias bersepeda santai, senam aerobik, berenang, dan sebagainya.

Jika tubuh sudah terbiasa, kamu dapat menambah durasi dan frekuensi olahraga, serta jenis olahraga yang paling sesuai dengan tujuan kamu.

Selain jenis olahraga yang disebutkan di atas, ada beberapa latihan lain yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, seperti:

  • Olahraga membentuk otot melalui latihan angkat beban atau gerakan kalistenik. 
  • Olahraga melatih ketahanan melalui latihan sit-up, push-up, pull-up, dan squat.
  • Olahraga melatih keseimbangan melalui latihan tai chi, core training, dan taekwondo.
  • Olahraga melatih fleksibilitas melalui yoga dan gerakan stretching untuk meningkatkan kelenturan dan memperbaiki postur tubuh

Olahraga secara rutin memang sangat penting untuk menjaga kebugaran jasmani, namun kamu tetap perlu memerhatikan batas tubuhmu agar tidak berlebihan atau bahkan membuat cedera.

2.Aktif bergerak

Jika ada pertanyaan, bagaimana meningkatkan kebugaran jasmani dengan mudah? Jawabannya adalah dengan aktif bergerak. Berbeda dengan olahraga yang sebagiannya membutuhkan biaya, cara ini sangat mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun, bahkan tanpa biaya.

Melansir dari Kemenkes, sebuah laporan dari lembaga medis bergengsi Mayo Clinic menunjukkan bahwa duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian dini ban berbagai penyakit seperti kardiovaskuler, kanker dan diabetes tipe 2.

Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas fisik baik ketika senggang maupun sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari. Misalnya, memilih untuk menaiki tangga alih-alih menggunakan eskalator, mengambil air minum di sela-sela duduk mengerjakan tugas, atau sekedar meluangkan waktu 10 menit untuk berjalan-jalan di sekitar rumah.

3. Makan makanan sehat dan bergizi

Cara selanjutnya untuk menjaga kebugaran jasmani dilakukan dengan menjaga pola makan. Langkah yang dilakukan untuk menjaga pola makan adalah dengan makan secara teratur agar dapat melengkapi energi yang diperlukan untuk bergerak.

Menjaga pola makan juga berarti kamu perlu memastikan kebersihan dan kandungan gizi yang terdapat dalam makananmu. Pola makan teratur yang dibarengi dengan makanan sehat dan bergizi seimbang akan membuat kamu lebih fit serta dapat mencegah berbagai penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, serta penyakit lainnya.

4. Cukup tidur

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya…. Eaaaa…. Sepenggal lirik lagu milik Bung Rhoma ini memang benar adanya. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan dampak negatif begadang bagi kesehatan.

Untuk itu, jika ingin menjaga kebugaran jasmani, kamu memerlukan tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur dapat membantu proses pemulihan otot, serta memperbaiki kerja jantung dan pembuluh darah setelah melakukan aktivitas seharian. Selain itu, tidur juga dapat membantu tubuh untuk membuang racun dan mengatur kembali kadar gula darah.

Orang dewasa mulai umur 18-65 tahun ke atas dianjurkan untuk tidur malam selama 7-8 jam, sementara anak-anak dan remaja membutuhkan waktu tidur malam yang lebih lama lagi. Tak hanya tidur yang cukup, tapi juga berkualitas.

Dengan tidur yang berkualitas, saat kamu bangun keesokan harinya tubuh akan menjadi segar dan bugar, serta kamu siap untuk memulai aktivitas lagi. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas antara lain: meredupkan lampu kamar tidur, berhenti menggunakan handphone, dan membuat jadwal tidur malam dan bangun pagi di waktu yang sama.

5.Tidak merokok dan minum alkohol

Terakhir, hindari merokok dan minum alkohol. Rokok dan alkohol adalah dua hal yang membawa dampak buruk bagi kesehatan. Efek negatif yang ditimbulkan rokok dan alkohol akan membuat semua yang kamu lakukan untuk menjaga kebugaran jasmani berakhir sia-sia.

Zat kimia yang terkandung dalam sebatang rokok akan berubah menjadi racun yang kamu hisap dan menggerogoti hampir semua organ tubuh. Penyakit utama yang dapat ditimbulkan oleh asap rokok adalah penyakit pada paru-paru seperti bronkitis, pneumonia, TBC, dan kanker.

Namun jangan salah, rokok juga dapat menyebabkan impotensi dan rusaknya organ reproduksi laki-laki dan wanita. Bagi ibu hamil, asap rokok bahkan dapat meningkatkan risiko keguguran dan cacat janin. Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti penyakit lambung dan stroke, serta penyakit kronis lainnya.

Begitupun dengan alkohol. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan, dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai penyakit hati seperti sirosis hati, kanker hati, pankreatitis. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah lambung, serta gangguan kesehatan mental seperti gangguan memori, ketergantungan alkohol, dan berbagai kondisi psikologis lainnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Sebelum menjaga kebugaran jasmani dilakukan dengan cara-cara di atas, perkuat lagi niat untuk menjaga kebugaran jasmani agar dapat hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Setelah itu, mulailah dengan baby steps atau langkah kecil. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.