Bagaimana Bentuk Tulang Paha Manusia dan Fungsinya? Ini Penjelasannya!

Pernahkah Kamu bertanya bagaimanakan bentuk tulang paha manusia sebenarnya serta apa saja fungsinya?

Yuk, terus ikuti artikel ini untuk penjabaran lebih lanjut mengenai bentuk tulang paha pada manusia serta fungsinya.

Dalam bahasa Latin, nama tulang paha manusia adalah tulang humerus. Tulang paha merupakan salah satu tulang terbesar dan terpanjang yang menyusun rangka tubuh manusia bagian bawah.

Tulang paha menjadi tulang yang menghubungkan panggul dan lutut manusia. Dan berdasarkan anatominya bentuk tulang paha manusia bisa dibilang menyerupai pipa yakni mempunyai rongga di dalamnya, sehingga tulang paha digolongkan ke dalam kelompok tulang pipa.

Beberapa tulang lain yang termasuk jenis tulang pipa contohnya tulang lengan atas, tulang betis, tulang hasta, dan pengumpil.

Fungsi Tulang Paha

Sebagai salah satu tulang yang terbesar dan terpanjang yang menyusun rangka bagian bawah manusia, tulang paha punya fungsi utama untuk menjadi penopang tubuh manusia. Namun, tentunya itu bukanlah satu-satunya fungsi tulang paha.

Berikut adalah beberapa fungsi utama tulang paha manusia:

  1. Sebagai penopang tubuh

Tulang paha merupakan tulang terbesar, terpanjang, serta paling kokoh yang menyusun rangka tubuh bagian bawah manusia. Tulang paha berfungsi sebagai penopang tubuh serta untuk menjaga keseimbangan.

  1. Tulang utama pada rangka bagian bawah (kaki)

Tulang paha merupakan tulang utama yang menyusun rangka kaki manusia. Tulang ini menghubungkan bagian rangka atas tubuh manusia, yakni panggul, dengan bagian anggota gerak bawah yakni kaki.

Di bagian bawah tulang paha, atau disebut juga distal, melekat bermacam tulang penyusun kaki seperti tulang kering, betis, serta lutut yang berfungsi untuk bergerak.

  1. Untuk membantu pergerakan tubuh

Sebagai bagian penghubung antara rangka bagian atas dan rangka bagian bawah tubuh manusia, tulang paha mempunyai peranan besar dalam pergerakan tubuh manusia terutama tubuh bagian bawah.

Tulang paha membantu tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan seperti berdiri tegak, berjalan, berlari, jongkok. Bagian tulang paha sebelah atas yang terhubung pada sendi peluru di pinggul memungkinkan paha untuk bergerak ke segala arah sehingga kaki bisa digerakkan ke segala arah pula.

  1. Tempat melekatnya lutut

Sedangkan bagian bawah tulang paha, atau disebut juga distal, merupakan tempat melekatnya lutut. Di bagian ini terdapat sendi engsel yang dapat memungkinkan kita untuk menekuk lutut.

  1. Tempat memproduksi darah merah

Bentuk tulang paha yang seperti pipa dan berongga di tengahnya berfungsi sebagai tempat sumsum tulang berada. Sumsum tulang ini berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah serta sel lemak bagi tubuh manusia.

Cara Menjaga Tulang Dan Otot Paha Tetap Sehat Dan Kuat

Dengan fungsinya yang vital tersebut, maka kita hendaknya menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta otot paha kita agar tidak mudah mengalami cedera atau kerusakan, seperti misalnya bahaya osteoporosis (pengeroposan tulang) atau cedera patah tulang akibat kecelakaan.

Berikut adalah beberapa tips cara menjaga tulang dan otot paha:

  1. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan suatu kewajiban untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk juga tulang dan otot paha. Dengan melakukan olahraga rutin, serta memasukkan jenis latihan yang memang berfokus untuk melatih kaki, maka kita melatih kekuatan tulang dan otot bagian kaki agar lebih kuat, padan, dan juga lentur.

Contoh olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk melatih kaki antaranya squat dan lunges beserta seluruh variasinya.

  1. Makan makanan yang sehat

Makanan yang sehat tentunya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Makanan dengan kandungan mineral seperti zat besi dan zinc dapat membantu menjaga kepadatan tulang sehingga tulang tidak mudah keropos.

Selain itu, makanan yang kaya protein juga berfungsi untuk membantu menjaga dan memperbaiki jaringan otot agar tetap kuat, padat , dan lentur.

  1. Melakukan pemanasan sebelum olahraga

Selain olahraga, pemanasan sebelum olahraga juga sangat penting. Pemanasan sebelum olahraga dapat membantu mengurangi risiko cedera pada saat melakukan gerakan inti dalam olahraga.

Nah, demikian penjelasan mengenai bentuk tulang paha manusia dan fungsinya serta tips-tips merawat kesehatan tulang dan otot paha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.