Memulihkan dan Menjaga Kesehatan Mental dengan Art Therapy 

Mungkin Kamu pernah mendengar metode art therapy yang akhir-akhir ini cukup sering dibicarakan dan dijadikan sebagai salah satu metode dalam terapi pemulihan dan serta menjaga kesehatan mental.

Apa sih sebenarnya art therapy itu serta benarkah efektif bagi terapi kesehatan mental atau mental health? Yuk, simak terus artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Berdasarkan penjelasan dari American Art Therapy Association, art therapy, atau yang dalam bahasa Indonesia bisa disebut terapi seni, merupakan sebuah metode terapi untuk membantu memulihkan dan menjaga kesehatan mental dengan menggabungkan seni dan psikologi.

Cara melakukan art therapy atau terapi seni ini sendiri harus dilakukan oleh seorang therapist yang memiliki kualifikasi serta sertifikasi khusus dalam bidang seni dan psikologi. Seorang terapis art therapy akan memberikan terapi baik kepada individu, keluarga, maupun kelompok untuk menciptakan karya seni yang merangsang kreativitas sekaligus menerapkan teori-teori psikologi untuk membantu memulihkan klien dari masalah kesehatan mentalnya.

Macam-Macam Art Therapy

Dalam melakukan art therapy, ada banyak sekali bentuk kegiatan seni kreatif yang bisa diberikan oleh seorang terapis profesional kepada kliennya. Keberagaman kegiatan berkesenian ini umumnya akan disesuaikan dengan kebutuhan, preferensi, serta kenyamanan klien, atau berdasarkan pertimbanga-pertimbangan tertentu dari sang terapis.

Berikut adalah beberapa contoh art therapy yang bisa dilakukan dalam terapi mental health:

  1. Mewarnai
  2. Menggambar
  3. Melukis
  4. Fotografi
  5. Membuat prakarya dari bahan-bahan bekas, kayu, kain, kertas, dll
  6. Menulis kreatif
  7. Memahat
  8. Membuat gerabah atau kerajinan tangan lain dari tanah liat (clay)

Semua bentuk kegiatan seni dapat dijadikan sebagai pilihan kegiatan dalam metode art therapy. Hanya tinggal di sesuaikan saja dengan kondisi, kebutuhan, preferensi, serta kenyamanan dari klien.

Manfaat Art Therapy Dalam Konseling 

Kegiatan seni yang dilakukan dalam konseling kesehatan mental tidaklah sama dengan kegiatan seni biasa. Jika kegiatan berkesenian yang biasa lebih berfokus pada penciptaan karya seni yang artistik, maka kegiatan seni dalam art therapy tidaklah berorientasi pada hasil karya seninya memainkan pada fokus dan mental klien saat melakukan prosesnya.

Kegiatan seni dalam art therapy memang sengaja dirancang dan dilakukan dengan mengkombinasikannya dengan ilmu psikologi untuk membantu klien dengan masalah kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa manfaat terkait kesehatan mental yang ingin dicapai dengan art therapy, anta lain:

  1. Membantu mengurangi stress
  2. Melatih kreativitas dan fokus
  3. Melatih dan meningkatkan kemampuan fungsi kognitif
  4. Meningkatkan melatih fungsi sensorik serta motorik
  5. Membantu menyalurkan emosi atau perasaan yang negatif menjadi bentuk kegiatan yang positif
  6. Membantu untuk memupuk dan meningkatkan rasa percaya diri serta memberanikan diri dalam berekspresi secara positif
  7. Membantu mengurangi rasa rendah diri serta minder
  8. Membantu melatih kekuatan mental
  9. Membantu mengenali diri sendiri
  10. Membantu melatih diri dalam kemampuan sosial atau bersosialisasi
  11. Membantu dalam mengurangi konflik atau perselisihan, baik konflik dalam diri sendiri maupun konflik dengan orang lain
  12. Membantu mengatasi masalah perilaku sosial pada anak
  13. Membantu mengurangi depresi

Manfaat utama dari art therapy memang adalah untuk membantu memulihkan serta menjaga kesehatan mental.

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan seni kreatif yang membahagiakan serta membutuhkan fokus, maka seorang individu yang mempunyai isu kesehatan mental sedang dilatih untuk pelan-pelan mengarahkan fokusnya pada hal yang positif, menyenangkan dan kreatif sehingga memicu ketenangan dan kestabilan mentalnya.

Idealnya, art therapy memang harus dilakukan oleh seorang profesional. Hal ini tentunya berkaitan dengan pengawasan serta program yang terukur utamanya jika seorang klien yang menjalani art therapy memiliki isu kesehatan mental yang cukup serius.

Namun, bagi Kamu yang ingin melakukan healing atau terapi seni secara mandiri di rumah untuk mengatasi stress dan ingin menyalurkan emosi serta perasaan negatif ke bentuk yang positif.

Saat ini, telah ada instrumen seperti buku art therapy mewarnai yang dilengkapi dengan petunjuk-petunjuk sederhana yang bisa kamu terapkan untuk sekedar menghilangkan stress dan menjaga kesehatan mentalmu secara mandiri dengan art therapy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.