Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan, Ini Alasannya!

Pernahkan Kamu bertanya-tanya mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan? atau mungkin sebagai orang dewasa dan orang tua, kamu menghadapi pertanyaan serupa yang dilontarkan oleh anak-anak yang memiliki daya penasaran tinggi.

Yuk, terus simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut mengenai mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan.

Mencuci tangan merupakan sebuah kegiatan yang sangat dianjurkan sebagai bentuk upaya paling sederhana untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Sebagai salah satu organ tubuh yang paling aktif digunakan, tangan kita hampir selalu berkontak, bersentuhan atau menyentuh, dengan segala macam hal dan permukaan.

Hal ini tentunya dapat berpotensi besar terjadinya kontaminasi permukaan kulit tangan dengan kuman dan bakteri penyebab penyakit yang terdapat pada permukaan barang atau benda yang disentuh oleh tangan.

Oleh sebab itu, tujuan utama dari anjuran cuci tangan adalah untuk menjaga kebersihan serta mencegah kontaminasi tangan dari bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Utamanya saat sebelum makan kita harus mencuci tangan dan memastikan tangan dalam kondisi bersih dan bebas dari kuman dan bakteri agar tidak mengkontaminasi makanan dan menyebabkan penyakit pencernaan.

Manfaat Cuci Tangan Sebelum Makan

Di benak Kamu mungkin juga muncul pertanyaan tentang apa akibatnya jika tidak mencuci tangan sebelum makan? Jawabannya adalah tentu saja memperbesar risiko kontaminasi kuman dan bakteri dari tangan ke makanan yang kita makan.

Jika makanan yang terkontaminasi bakteri dan kuman itu masuk ke tubuh kita, tentunya bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit khususnya yang berkaitan dengan penyakit pencernaan.

Beberapa manfaat mencuci tangan sebelum makan antara lain:

  1. Membersihkan tangan dari kuman dan penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tangan kita sangat aktif berkontak dengan berbagai macam permukaan benda, baik itu makhluk hidup maupun benda mati, bahkan dengan manusia lain.

Setiap permukaan yang bersentuhan dengan tangan kita punya potensi telah terkontaminasi dengan kuman dan bakteri, sehingga dengan rajin cuci tangan, kita bisa membersihkan tangan dari kuman dan bakteri yang menempel karena kita menyentuh berbagai hal tadi dalam kegiatan kita sehari-hari.

  1. Mencegah penyebaran kuman dan penyakit serta mikroorganisme lainnya

Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih dapat membersihkan tangan dari kuman dan bakteri serta mikroorganisme penyebab penyakit. Sehingga dengan rajin mencuci tangan kita akan bisa mencegah persebarannya.

  1. Memutus rantai penyebaran virus berbahaya

Di masa pandemi Covid-19, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih menjadi syarat wajib dan bentuk tindakan pencegahan yang sangat dianjurkan. Hal ini tentu saja karena dengan menjaga kebersihan tangan dan rajin cuci tangan bisa mencegah persebaran virus berbahaya seperti Covid-19.

  1. Sebagai bentuk preventif perlindungan diri

Mencuci tangan adalah upaya preventif untuk melindungi diri kita dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Hal ini juga dapat memberi manfaat bagi sisi ekonomi. Jika kita sehat, tidak terkena penyakit yang bersumber dari bakteri dan kuman penyebab penyakit, maka kita pun menghemat pengeluaran untuk berobat.

Cara Mencuci Tangan

Setelah mengetahui manfaat dan keutamaan mencuci tangan, terutamanya saat sebelum makan, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

Baik organisasi kesehatan internasional seperti WHO dan nasional yakni Kemenkes telah memberikan anjuran bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mencuci tangan yang benar dan sangat dianjurkan:

  1. Basahi tangan secara menyeluruh dari telapak tangan hingga punggung tangan dengan air bersih. Dianjurkan menggunakan air mengalir.
  2. Gunakan sabun untuk cuci tangan, atau sabun anti kuman. Lebih disarankan menggunakan sabun berbentuk cair.
  3. Gosok seluruh bagian tangan mulai dari telapak tangan, masing-masing jari mulai dari kelingking hingga ibu jari, sela-sela jari, serta punggung tangan. Bersihkan pula bagian bawah kuku.
  4. gosok tangan dan seluruh bagiannya setidaknya selama 30-40 detik.
  5. Bilas tangan hingga bersih dari sisa sabun menggunakan dengan air mengalir. Lalu keringkan dengan handuk, pengering tangan, atau tisu yang bersih.

Nah, demikianlah penjelasan mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan, yakni untuk membersihkan tangan dari kontaminasi kuman, bakteri, dan mikroorganisme penyebab penyakit. Dengan rajin mencuci tangan sesuai anjuran yang diberikan, diharapkan kebersihan dan kesehatanmu akan senantiasa terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.